enkei.id

Iklan

Cara Mengganti Nama Motor 2020 – Salah satu hal yang harus dilakukan ketika membeli sepeda motor bekas adalah nama terbalik. Dengan nama di belakang, kendaraan yang dibeli akan berpindah tangan secara hukum. Karena nama yang terdaftar di BPKB dan STNK akan berubah menjadi nama pemilik kendaraan baru.

Banyak orang enggan mengurus di belakang nama sepeda motor mereka sendiri dan memilih untuk menggunakan layanan broker. Sebenarnya tidak apa-apa untuk menggunakan layanan broker, karena itu akan membuat proses di belakang nama sepeda motor lebih mudah. Namun bagi mereka yang memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya merawat nama motor itu sendiri.

Selain itu persyaratan di balik nama motor sangat mudah. Yang rumit adalah prosesnya, sehingga butuh waktu lama. Cara merawat di balik nama motor sebenarnya tidak terlalu rumit asalkan Anda tahu setiap pabrikan di belakang nama motor tersebut.

Mengingat yang diganti namanya adalah BPKB dan STNK, maka kita harus berhati-hati mengubah nama keduanya. Proses di balik nama BPKB dan STNK juga berbeda. Baik bagi Anda yang tidak tahu cara merawatnya, silakan lihat informasi di balik persyaratan nama motor di artikel otomotifo.com berikut.

Cara Mengaktifkan Nama Registrasi Kendaraan Bermotor

Cara Membalik Nama Motor di Samsat

Sebelum membahas cara membalikkan nama sepeda motor, Anda harus terlebih dahulu mengetahui kondisi apa yang diperlukan. Sekarang untuk mengetahui apa kondisinya, silakan lihat di bawah.

1. Persyaratan yang Diperlukan

Harap persiapkan semua persyaratan dokumen di bawah ini agar proses di belakang nama motor berjalan dengan lancar. Persyaratannya adalah sebagai berikut.

STNK asli dan fotokopi KTP asli dan fotokopi dengan nama pemilik sepeda motor baru dan salinan asli kwitansi pembelian sepeda motor yang ditandatangani di atas materai Rp. 6000

Kondisi pemindahan nama sepeda motor tidak memerlukan KTP dari pemilik kendaraan sebelumnya, karena telah diganti dengan pembelian sepeda motor yang telah ditandatangani oleh kedua pihak di atas material. Sekarang pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana jika tidak ada tanda terima?

Bagi Anda yang lupa untuk tidak membuat tanda terima pembelian pada stempel dan pemilik sepeda motor sebelumnya berada di luar kota, maka kami sarankan untuk membuat tanda terima palsu. Meskipun metode ini ilegal, tetapi biasanya petugas tidak akan mempermasalahkannya.

2. Datang ke Kantor Samsat

Tempat untuk menangani di belakang nama sepeda motor ada di kantor SAMSAT, jadi Anda harus datang ke kantor SAMSAT terdekat untuk mengurus nama sepeda motor. Jangan lupa membawa semua persyaratan di atas agar proses di belakang nama berjalan dengan lancar.

Masukkan semua kondisi di folder. Tetapi untuk BPKB dan Kwitansi pembelian harus dimasukkan ke dalam folder terpisah. Selain itu, Anda harus mengeluarkan file atau mutasi jika Anda mengembalikan nama wilayah yang berbeda. Adapun caranya silakan merujuk ke artikel berikut "Cara Transfer Antar Provinsi".

3. Lakukan Tes Fisik

Langkah pertama ketika Anda sampai di kantor SAMSAT adalah melakukan tes fisik. Tujuannya adalah untuk menggesek nomor bingkai dan nomor mesin. Setelah proses uji fisik selesai, kita akan mendapatkan hasil pemeriksaan fisik yang kemudian akan diserahkan bersama dengan dokumen yang diperlukan di balik nama motor di atas ke jendela pos pemeriksaan fisik yang dikhususkan untuk di belakang nama kendaraan.

Di jendela pengesahan, kita akan diminta membayar biaya pemeriksaan fisik. Biayanya cukup terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir. Kemudian pemeriksaan fisik akan divalidasi oleh petugas dan hasil pengesahan akan diberikan kepada Anda.

Langkah selanjutnya hanyalah fotokopi cek fisik dan kwitansi pembelian. Nantinya fotokopi tersebut akan digunakan untuk mengurus nama BPKB di belakang Kepolisian Daerah. Tetapi sebelum itu kita harus terlebih dahulu menyelesaikan di belakang nama STNK di Samsat.

4. Daftarkan Ulang Nama Sepeda Motor

Proses di balik nama motor masih cukup panjang. Setelah menyelesaikan pemeriksaan fisik, maka kita harus melewati registrasi di belakang nama motor. Silakan datang ke jendela pendaftaran, lalu kirimkan semua file yang telah disiapkan.

File-file tersebut adalah STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, hasil pemeriksaan fisik yang telah disahkan, dan tanggal pembelian kendaraan yang telah ditandatangani di atas materai. Rp. 6.000

Selanjutnya petugas akan memberikan formulir untuk diisi. Silakan lengkapi semua formulir, lalu serahkan kepada petugas beserta dokumen yang telah disiapkan. Tunggu beberapa saat hingga dipanggil, maka kita akan diberikan tanda terima bahwa file sedang diproses.

Setelah dipanggil, STNK dan BPKB akan dikembalikan. Maka kita harus membayar biaya pendaftaran di belakang nama STNK. Langkah selanjutnya tinggal menunggu file selesai diproses. Biasanya memakan waktu 2 hingga 5 hari, dan setelah itu kita harus kembali ke kantor SAMSAT untuk membayar pajak.

5. Membayar Pajak Di Balik Nama STNK

Selanjutnya kita harus kembali ke kantor SAMSAT setelah pemrosesan file selesai. Jangan lupa membawa tanda terima dan BPKB asli Anda. Selain itu, kita juga harus menyiapkan fotokopi tanda terima pembelian sepeda motor dan hasil pemeriksaan fisik.

Serahkan semua file ke petugas di konter pendaftaran di belakang nama. Maka semua dokumen akan digabung menjadi satu folder. Setelah itu petugas akan memberikan pemberitahuan pembayaran pajak yang harus kita bayar di konter pembayaran.

6. Mengambil registrasi kendaraan

Besarnya pajak di belakang nama motor berbeda, tergantung pada jenis motor di belakang nama. Untuk detail lebih lanjut, silakan merujuk ke artikel berikut "Biaya Di Balik Nama Sepeda Motor". Sekarang setelah selesai mengurus pembayaran pajak, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan hanyalah mengambil STNK yang sudah diganti namanya.

Sekarang jalan di belakang nama motor untuk pendaftaran kendaraan. Masih ada satu proses lagi yang harus Anda lakukan, yaitu mengubah nama pada sepeda motor BPKB. Metode ini berbeda dengan cara di belakang nama motor di atas. Bagi yang penasaran untuk mengetahui caranya, silakan lihat di bawah ini.

Cara Mengubah Nama BPKB Motor

Cara Mengubah Sepeda Motor di Kepolisian Daerah

Berbeda dengan di belakang nama STNK, untuk membalikkan nama BPKB kita harus datang ke Polda terdekat. Tetapi sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu mengisi di belakang nama pendaftaran kendaraan bermotor dengan cara di atas. Sekarang setelah selesai, maka hal berikutnya adalah nama sepeda motor BPKB dengan cara berikut.

1. Pergi ke Kepolisian Daerah

Ketika Anda tiba di kantor polisi regional terdekat, Anda harus membawa sejumlah dokumen yang diperlukan yang terdiri dari yang berikut ini.

Salinan registrasi kendaraan terbaru yang ada di belakang nama sesuai dengan nama kami. Copy KTP pemilik sepeda motor baru. Fotokopi BPKB. Fotokopi ratifikasi motor pemeriksaan fisik

Semua dokumen yang diperlukan di balik nama motor BPKB di atas harus dipenuhi. Jika ada satu yang hilang, maka kami menjamin Anda tidak akan dapat melanjutkan proses di belakang nama kendaraan.

2. Membayar untuk Pendaftaran di Bank

Ketika Anda tiba di Kepolisian Daerah dengan persyaratan di atas, petugas akan memberikan nomor antrian dan formulir di belakang nama sepeda motor BPKB. Kemudian petugas akan memeriksa file yang kami bawa. Setelah selesai, maka petugas akan memberikan tanda terima kepada Bank.

Silakan datang ke konter bank yang telah tersedia dengan membayar biaya sebesar Rp. 80.000. Setelah membayar, kami akan mendapatkan bukti pembayaran dan stiker khusus yang akan ditempelkan pada formulir pendaftaran.

3. Isi Formulir Pendaftaran BBN BPKB

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran yang kami dapatkan sebelumnya. Isi formulir sesuai dengan data motor, lalu tempelkan stiker khusus yang diterima dari Bank ke dalam formulir pendaftaran.

4. Menyerahkan Formulir dan Persyaratan File

Langkah selanjutnya adalah menyerahkan semua dokumen yang diperlukan di balik nama motor. Kemudian kami akan mendapatkan tanda terima sebagai bukti bahwa BPKB telah terdaftar dan sedang diproses dengan nama tersebut. Tanda terima juga menunjukkan tanggal pemrosesan BPKB.

5. Mengambil BPKB baru

Proses di balik nama sepeda motor BPKB bisa memakan waktu berbulan-bulan, jadi Anda harus bersabar sampai BPKB baru dibuat. Sekarang, setelah itu, kita harus kembali ke Kepolisian Daerah dengan tanda terima dan fotokopi KTP. Kemudian petugas akan mencocokkan data yang kami berikan, dan BPKB baru akan segera diberikan.

Sekarang selangkah demi selangkah bagaimana cara membalikkan nama motor, baik BPKB dan STNK. Beberapa orang akan menemukan metode di atas rumit. Namun menurut kami jalannya tidak terlalu rumit, asalkan kita ikuti setiap langkah cara membalikkan nama motor dengan benar. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah memilih, apakah Anda menggunakan layanan broker atau mengelolanya sendiri?

Leave a Reply