enkei.id

Iklan

Cara Merawat Mesin Mobil – Bagi Anda pengendara yang menginginkan kendaraan mereka agar selalu awet dan tetap memiliki kinerja yang sangat baik. Nah, untuk menjaga mobil tetap terkendali dan memiliki performa yang kalian harus menjaga mesin mobil Anda.

Mesin di dalam mobil adalah komponen utama dalam mobil. Jika terjadi kesalahan pada mesin mobil Anda, itu akan berakibat fatal bagi mobil Anda.

Sangat disayangkan jika mobil Anda memiliki masalah mesin, karena itu akan membuang waktu Anda untuk menyelesaikan semua masalah ini. Untuk itu, rawat mobil Anda tidak hanya dalam kondisi lama tetapi kondisi mobil baru juga perlu dirawat.

Jika ada keraguan tentang merawat mesin mobil dengan benar, kami dapat merekomendasikan cara untuk merawat mobil. Cara-cara ini bisa Anda lihat pada ulasan di bawah ini.

Agar Mesin Mobil Tahan Lama, Silakan Ikuti Tips di Bawah Ini

1. Ganti Oli secara teratur

Bagaimana cara mengecek apakah kondisi oli pada mobil Anda harus diganti atau tidak? Anda dapat mengambil setetes minyak di tangan Anda. Perhatikan setetes minyak di tangan, jika ada serpihan saatnya minyak Anda diganti.

Kami menyarankan Anda mengganti oli pada 5000-10000 km / jam sehingga oli mobil tetap optimal. Gunakan oli yang tepat untuk mobil Anda, karena pemilihan oli yang tepat dapat membuat mesin tahan panas dan memiliki peran menahan gesekan atau gerakan internal mesin mobil.

2. Isi Air Radiator

Isi air radiator secukupnya. Radiator air berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Untuk mengisi air radiator, Anda dapat menggunakan Radiator Coolant yang lebih optimal dalam mendinginkan mesin daripada menggunakan air biasa.

Merawat radiator mobil tidak hanya mengganti air radiator. Kita juga perlu mengontrol kinerja radiator, apakah ada sesuatu yang bocor atau tidak. Jika bocor, maka kami sarankan mengikuti tips berikut "Cara Menambal Radiator Mobil Bocor".

3. Memeriksa Starter Mobil

Anda dapat memeriksa mobil Anda dengan menyalakan mobil, tetapi jika mobil Anda tidak dapat dihidupkan, itu adalah pertanda bahwa mesin mobil Anda bermasalah.

Kerusakan starter mobil bisa karena kurangnya bahan bakar atau pasokan udara. Jika ada kerusakan pada starter mobil, periksa filter dengan menghapus filter lalu bersihkan dengan sikat gigi.

Tetapi jika Anda ragu-ragu untuk membenarkan itu membawa gangguan tepercaya. Begitu juga sebaliknya, jika Anda sudah membersihkan filter tetapi starter masih tidak hidup, bawa mobil ke garasi.

4. Jaga aki mobil

Aki mobil adalah komponen fital di dalam mobil. Pastikan air baterai berada pada level yang seharusnya pada garis penandaan sehingga performa mobil tetap prima.

Selain itu, ada cara untuk memeriksa aki mobil dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika tegangan baterai Anda mulai habis, ganti baterai dengan yang terbaru atau bawa ke garasi. Untuk mengetahui berapa harga aki mobil terbaru silakan lihat informasi berikut "Daftar Harga Aki Mobil".

5. Lakukan Tune Up & Layanan Rutin

Untuk menjaga kondisi mesin mobil yang stabil, Anda harus membawa mobil ke bengkel tepercaya. Saat menyetel semua komponen digital yang ada di dalam mobil akan diperiksa secara menyeluruh.

Jika selama penyetelan mobil Anda bermasalah, bengkel akan memperbaiki bagian yang rusak di dalam mobil. Dengan demikian, performa mobil akan kembali ke optimal.

6. Mengganti Timing Belt

Timing belt adalah sabuk atau rantai yang dapat memindahkan komponen di dalam mesin. Untuk menunjukkan timing belt rusak, ada suara berisik ketika mobil Anda dinyalakan.

Saat timing belt Anda bermasalah, segera ganti timing belt. Timing belts yang bermasalah tetapi tidak diganti akan menyebabkan timing belt rusak dan mengakibatkan komponen tertentu pada mesin mobil rusak.

7. Periksa Kondisi Knalpot

Periksa kondisi muffler Anda dan pastikan tidak ada kotoran yang tersumbat di muffler. Kotoran yang ada di knalpot dapat menyebabkan aliran gas buang tidak lancar.

Knalpot itu sendiri berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa gas dari kendaraan, sehingga knalpot menjadi komponen penting dalam mobil.

8. Periksa kondisi busi

Mesin mobil tidak akan berfungsi tanpa sistem pengapian. Nah, salah satu sistem pengapian yang paling penting adalah Busi. Meskipun komponen ini kecil, tanpa busi, mobil tidak akan dapat hidup.

Mengingat pentingnya busi, kami sarankan untuk selalu memeriksa kondisinya. Jika kondisinya tidak memungkinkan, kami sarankan untuk membeli busi baru. Selain itu harga mobil busi cukup terjangkau, karena untuk tipe standar bisa didapat dengan harga di bawah 100 ribu rupiah.

9. Menggunakan Suku Cadang Mobil Asli

Seringkali mobil rusak. Biasanya ini terjadi karena ada satu komponen yang memiliki masalah, entah itu rusak atau karena tidak layak digunakan. Sekarang jika ada satu komponen yang rusak, maka kami sarankan untuk menggantinya dengan suku cadang asli. Karena dari segi kualitas jauh berbeda dengan suku cadang KW atau palsu yang biasanya dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

10. Selalu menghangatkan mesin mobil

Tidak semua pemilik mobil selalu menggunakan kendaraannya. Nah bagi Anda yang jarang menggunakan mobil, maka kami sarankan untuk selalu memanaskan mesin mobil secara rutin. Tujuannya agar baterai tidak pendek sehingga sistem kelistrikan mobil selalu terjaga.

11. Hindari Mencuci Mesin Mobil

Mencuci mesin mobil sebenarnya baik-baik saja. Tetapi Anda harus melakukannya dengan hati-hati dan tidak menggunakan air yang tinggi sehingga tidak mengenai sistem kelistrikan mobil. Sebaiknya ikuti tips yang kami berikan di artikel "Cara Membersihkan Mesin Mobil" agar mesin cuci mobil aman.

Nah, cara merawat mesin mobil yang bisa Anda lakukan agar mesin mobil tetap awet dan performa selalu prima. Silakan ikuti tips otomotif di atas, dan semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menjadi referensi dalam merawat kendaraan bermotor.

Leave a Reply