enkei.id

Iklan

Pendaftaran untuk mudik gratis untuk tahun 2020 telah dimulai. Ada banyak perusahaan yang menawarkan mudik gratis untuk Lebaran 2020, tetapi kami hanya akan memberikan informasi tentang syarat dan metode daftar mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Idul Fitri 2020 hanya menghitung hari. Akibatnya banyak orang berencana bolak-balik ke halaman. Beberapa orang mungkin lebih suka pulang melalui rute udara yang tentunya akan lebih mahal. Tetapi bagi mereka yang lebih memilih rute darat, maka Anda dapat mencoba mendaftar untuk mudik gratis 2020.

Ada beberapa syarat dan ketentuan jika Anda ingin mengambil bagian dalam mudik 2020 gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Indonesia. Tujuan perjalanan juga terbatas hanya untuk wilayah Jawa-Bali. Selain itu, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga membatasi kuota untuk pendaftaran mudik gratis sehingga Anda harus mendaftar dengan cepat sehingga Anda tidak kehabisan kuota.

Destinasi Wisata Gratis untuk tahun 2020

Sebelum mendaftar, Anda harus terlebih dahulu mengetahui tujuan perjalanan. Sebagai contoh, silakan lihat di bawah.

Jakarta – SoloJakarta – BoyolaliJakarta – MalangJakarta – PurwokertoSurabaya – BaliJakarta – YogyakartaYogyakarta – Bali

Tujuan perjalanan mudik di atas dikhususkan untuk mode transportasi BUS. Biasanya Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga menyelenggarakan mudik gratis menggunakan Kerata Api, yang secara otomatis tujuan perjalanan akan sedikit berbeda dari yang di atas.

Saat ini pendaftaran mudik 2020 gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia belum dibuka. Tapi kami tinggal menunggu saja, karena tentu saja Kementerian Perhubungan akan membuka pendaftaran mudik gratis 2020 dalam waktu dekat.

Tidak hanya Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, biasanya beberapa BUMN juga menggelar program mudik Lebaran gratis yang bisa diikuti oleh masyarakat. Dengan begitu banyak program mudik gratis, tentu akan membantu masyarakat Indonesia untuk kembali ke kota asal tanpa perlu mengeluarkan uang.

Beberapa waktu lalu Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga mengadakan homecoming Natal gratis pada 2019 dan tahun baru 2020. Oleh karena itu, kami yakin Kementerian Perhubungan akan kembali mengadakan mudik gratis untuk Idul Fitri 2020 yang kuota akan jauh lebih.

Syarat dan Cara Mendaftar Mudik Gratis 2020

Ketentuan Mudik Gratis 2020

Untuk mendapatkan kuota mudik gratis, kita harus memenuhi semua syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan Indonesia atau perusahaan milik negara lainnya. Sekarang untuk mengetahui apa saja kondisinya, silakan lihat di bawah ini.

Kartu Keluarga Citizenship Kartu SIM CSTNK Motor

Kita harus membawa semua dokumen di atas ketika melakukan proses virifikasi untuk calon peserta mudik. Tetapi sebelum itu kita harus mendaftar dulu secara online dengan memasukkan pemindaian dokumen dalam bentuk KTP, Kartu Keluarga, SIM C, dan Registrasi Kendaraan Bermotor. Kemudian ketika proses verifikasi juga memerlukan salinan persyaratan mudik 2020 di atas, maka Anda harus bersiap sebelum mendaftar untuk mudik gratis.

Cara Mendaftar Mudik Gratis 2020

Untuk mengetahui dengan jelas cara mendaftar untuk mudik Lebaran 2020, silakan lihat di bawah ini.

Untuk mendaftar untuk mudik gratis Kementerian Perhubungan, silakan akses situs https://mudikgratis.dephub.go.id/ Biasanya untuk mudik gratis Lebaran akan tersedia moda transportasi yang terdiri dari kereta api dan bus. Anda harus memilih salah satunya. Kemudian isi jumlah penumpang dengan opsi 1 penumpang, 2 penumpang, atau 2 penumpang + 1 anak. Kemudian pilih kota asal kota tujuan. Kemudian masukkan kode verifikasi dalam bentuk kode captcha. Setelah itu, cukup klik tombol "Cara Melakukan Perjalanan". Maka halaman form yang terperinci akan muncul. perjalanan yang berisi Data Perjalanan dan Data Pendaftar. Silakan isi semua formulir sesuai dengan data wisatawan yang terdaftar di KTP, KK, SIM C, dan STNK. Setelah itu, cukup klik Simpan. Langkah selanjutnya kita harus mengisi formulir "Registrasi" dan melengkapi data penumpang dan data pendukung. Berikutnya adalah formulir "Registrasi" dan kita harus melengkapi data penumpang peserta kedua dengan mengklik simbol "+". Kemudian isi semua formulir yang tersedia sesuai KTP dan KK. Langkah selanjutnya adalah mengunggah file data pendukung yang terdiri dari KTP, KK, SIM, dan STNK. Setelah itu, cukup klik tombol "Kirim Registrasi" Kemudian kita tinggal mencetak bukti pendaftaran untuk mudik gratis 2020 dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Kemudian, kita harus membawa bukti pendaftaran ketika memverifikasi calon peserta mudik di tempat yang telah ditentukan oleh Kementerian Republik Indonesia. Pada saat verifikasi juga harus membawa persyaratan asli (KTP, Kartu Keluarga, STNK dan SIM) dan fotokopi masing-masing 1 (satu) lembar.

Informasi di atas mengacu pada cara mendaftar untuk mudik tahun sebelumnya yang dapat Anda lihat DI SINI. Namun jangan mengesampingkan kemungkinan pendaftaran mudik gratis 2020 akan sedikit berbeda dengan informasi di atas. Hingga saat ini, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia belum mengumumkan program mudik gratis, jadi kami akan menunggu.

Pada tahun sebelumnya Kementerian BUMN dan Jasa Raharga juga menandai mudik gratis yang dapat diikuti oleh semua orang melalui portal resmi http://mudikbumn.co.id/ dan Jasa Raharja juga berpartisipasi dalam mengatur mudik gratis melalui tautan https: / /mudik.jasaraharja.co .id /. Untuk saat ini pendaftaran mudik 2020 gratis belum dibuka, jadi Anda tinggal menunggu berita dari pihak terkait.

Sehingga informasi tentang pendaftaran mudik gratis 2020 dipegang oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan Jasa Raharja. Meski saat ini pendaftaran belum dibuka, tetapi setidaknya kita bisa mengetahui sedikit tentang metode dan persyaratan pendaftaran.

Leave a Reply