enkei.id

Otomotifo.com – Adakah yang pernah mengalami kehabisan bensin walaupun indikator menunjukkan bahwa bensin masih tersisa? Kami yakin banyak orang pernah mengalaminya. Lalu bagaimana cara Anda memperbaiki indikator motor injeksi bensin yang error atau rusak?

Untuk meningkatkan indikator sepeda motor injeksi bensin, Anda harus terlebih dahulu tahu apa penyebabnya.

Ada beberapa penyebab yang membuat indikator bensin mengalami kerusakan atau kesalahan sehingga tidak dapat menunjukkan sisa bensin sebagaimana mestinya.

Mengetahui bensin yang tersisa adalah hal yang sangat penting. Jika bensin tiba-tiba habis, motor akan lebih baik menyerang.

Jika mogok di dekat pom bensin tentu bukan masalah, karena bisa langsung mengisi bensin saat habis.

Masalahnya adalah ketika Anda kehabisan bensin di tempat yang jauh dari pengisian bahan bakar. Alhasil, mau tidak mau harus menggerakkan motor untuk memenuhi pompa bensin.

Agar tidak kehabisan bensin di tengah jalan, Anda harus memperbaiki indikator bahan bakar ketika ada kerusakan.

Metode ini cukup mudah. Tapi sebelum itu silakan merujuk dulu apa penyebab indikator bensin rusak.

Penyebab Indikator Bensin Yang Rusak

Ada beberapa penyebab rusaknya indikator motor injeksi bahan bakar. Penyebabnya tidak jauh berbeda dengan motor karburator. Di mana penyebabnya adalah sebagai berikut: Kondisi baterai tidak baikMasalah dengan garis kabel indikator bensinFuel bensin bermasalahDometer rusak

Di atas adalah beberapa penyebab utama indikator bensin injeksi motor rusak sehingga tidak dapat menampilkan bensin yang tersisa secara real-time.

Cara Meningkatkan Indikator Bensin Sepeda Motor Injeksi

Setelah mengetahui semua penyebabnya, sekarang kami hanya mencoba memperbaiki indikator dari motor injeksi bensin. Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri atau datang ke bengkel sepeda motor terdekat.

Tidak semua orang berani membongkar sepeda motor mereka sendiri. Jika Anda salah satunya, maka perbaiki indikator bensin di garasi terdekat sehingga dapat diperbaiki oleh mekanik berpengalaman.

Tidak ada salahnya mencoba memperbaikinya sendiri. Daripada membuang-buang uang untuk perbaikan, lebih baik menyimpan uang untuk kebutuhan lain. Sekarang untuk mengetahui bagaimana meningkatkan indikator motor injeksi bensin, silakan lihat cara berikut.

1. Periksa Jalur Kabel

Indikator bensin hanya dapat bekerja dengan sempurna jika kabel yang terhubung ke pelampung gas dalam kondisi normal. Jika kabel terbakar atau rusak, indikator bensin tidak akan dapat menampilkan bensin yang tersisa secara akurat.

Kami merekomendasikan untuk memeriksa kondisi kabel, apakah masih bagus atau tidak. Pada motor injeksi Honda, kabel pelampung bensin biasanya Merah (+) dan Hitam (-).

Warna kabel akan berubah pada bagian soket kabel bodi tangki bahan bakar menjadi Kuning / Putih (+) dan Hijau / Hitam (-) menjadi indikator bensin.

Anda dapat dengan mudah mencari kabel indikator bensin, karena kabel akan terhubung langsung dari indikator bensin ke pelampung gas sehingga tidak bercabang di mana-mana.

Pastikan kabel yang terhubung dari indikator bensin dan pelampung masih baik. Jika ada kebakaran atau rusak, lebih baik mengganti kabel. Setelah itu, periksa apakah indikator bensin kembali normal atau tidak.

2. Mengganti Baterai

Idealnya, baterai motor injeksi memiliki tegangan 12,50 volt. Jika tegangan di bawah 10 Volts, itu akan mempengaruhi sistem kelistrikan sepeda motor, termasuk indikator bensin yang ada di Speedometer.

Tegangan baterai di bawah 10 volt menunjukkan bahwa baterai rusak atau aus. Untuk mengatasinya, lebih baik membeli baterai baru sehingga kinerja baterai kembali optimal dan mampu menyalurkan arus dengan sempurna ke semua sistem kelistrikan sepeda motor.

3. Memeriksa Pelampung Bensin

Cara memperbaiki indikator bensin motor injeksi selanjutnya adalah mengecek kondisi float bensin, apakah kondisinya normal atau tidak.

Cara mengecek kondisi pelampung bisa dengan jarak colokan kabel bodi yang terhubung ke pelampung. Kemudian coba sambungkan soket menggunakan kabel atau tang penjepit.

Jika ternyata indikator bensin berubah menjadi penuh, maka bisa dipastikan pelampung bensin rusak. Namun, jika indikator bensin tidak bergerak ke penuh maka ada kemungkinan besar kerusakan pada indikator bensin.

Cara kerjanya adalah dengan mengirim sinyal pelampung bahan bakar ke indikator bensin melalui kabel yang terhubung ke dua komponen.

Tangki bensin juga memiliki sensor. Silakan lihat kondisi sensor, apakah itu berkarat atau tidak. Jika karat tidak ingin menghilang meskipun sudah dibersihkan, lebih baik menggantinya dengan yang baru.

4. Ubah Speedometer

Motor injeksi rata-rata memiliki indikator bensin yang terletak di speedometer. Tidak jarang speedometer rusak, sehingga indikator bensin juga rusak.

Sebelum speedometer diperbaiki, indikator bensin masih tidak akan berfungsi secara normal. Jadi untuk mengatasinya mau tidak mau harus ganti speedometer yang rusak.

Jadi ini adalah informasi tentang cara memperbaiki indikator bensin yang rusak pada motor injeksi. Silakan coba sendiri seperti yang kami katakan di atas.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memperbaiki, sebaiknya datang langsung ke bengkel sepeda motor terdekat sehingga masalah dengan indikator bensin yang rusak dapat segera diselesaikan.

Cukup informasi di Automotiveo.com pada kesempatan ini. Lihat juga artikel sebelumnya tentang pajak mobil Lamborghini dan berbagai informasi menarik lainnya.

Leave a Reply