6 Penyebab dan Cara Memperbaiki Motor Starter Mati / Rusak

No Comments

Iklan

Cara Memperbaiki Motor Starter – Jika Anda dapat memperbaikinya sendiri, mengapa Anda harus membawanya ke garasi? Tidak selalu kerusakan pada starter motor harus dibawa ke garasi. Selain menghemat lebih banyak biaya, memperbaiki starter motor yang rusak juga relatif mudah. Lantas mengapa motor starter bisa rusak? dan bagaimana cara memperbaiki starter motor yang rusak?

Jika sepeda motor Anda dilengkapi dengan kick starter atau engkol, kerusakan starter listrik mungkin tidak terlalu pusing. Tetapi ada juga beberapa motor yang tidak dilengkapi dengan kick starter, sehingga ketika starter mogok satu-satunya cara untuk memulai motor adalah dengan mendorongnya.

Nah, rata-rata sepeda motor terbaru tidak dilengkapi dengan kick starter. Akibatnya kita akan bingung menyalakan mesin ketika starter mati. Tapi sebenarnya kita bisa mengatasi masalah, asalkan kita tahu penyebab starter mati.

Sebelum memasang starter motor mati, pertama-tama kita harus mencari tahu penyebabnya sehingga dapat melakukan perbaikan dengan tepat. Sekarang untuk mengetahui apakah saya penyebab motor starter otomatis dan bagaimana cara memperbaikinya, silakan merujuk ke informasi otomotifo.com berikut.

1. Baterai yang jatuh atau rusak

Baterai atau baterai adalah salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Keduanya merupakan sumber arus listrik motor untuk sistem starter. Jika ketika tombol starter ditekan tetapi motor atau starter dinamo tidak merespons, maka perlu diperiksa pada sumbernya, baterai.

Untuk memeriksa tegangan baterai, Anda dapat menggunakan multimeter atau ovo meter. Tegangan baterai yang baik tidak kurang dari 12 volt. Jika tegangan tidak mencapai angka ini, kemungkinan besar usia baterai sudah cukup tua atau sudah rusak.

Ganti baterai dengan yang baru, tetapi jika biayanya tidak mencukupi, bahkan baterai yang digunakan tidak akan menjadi masalah, asalkan kondisinya baik dan normal. Selain itu, kami juga dapat mencoba memperbaikinya dengan cara berikut "Cara Memperbaiki Baterai Kering"

2. Kabel Listrik Terputus / Terbakar

Jika tegangan baterai dalam kondisi normal, maka coba periksa sirkuitnya. Periksa detail pada sirkuit starter, mulai dari kebel yang rusak, soket dan pada tombol starter yang mungkin terlalu kotor.

Untuk mengatasi metode ini cukup mudah. Menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir dengan baik atau tidak. Jika ada kabel yang putus harus diganti dengan kabel baru, tetapi jika masih memungkinkan untuk dihubungkan kembali, silakan terhubung dengan rapi. Jika tombol starter terlalu kotor, bersihkan dengan amplas halus.

3. Relay Pemula yang Rusak

Relai pemula adalah sakelar elektromagnetik yang berperan untuk memutuskan dan menghubungkan arus listrik yang mengarah ke dinamo starter. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan menghubungkan dua kutub (+) dan (-) yang terletak di tubuh relai langsung dengan baterai menggunakan kabel.

Jika Anda mendengar kontak, itu berarti relay masih berfungsi dengan baik. Namun, jika tidak ada reaksi, kemungkinan sakelar magnet telah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

4. Dynamo Starter Rusak

Starter Dynamo jarang mengalami kerusakan kecuali mereka terbakar atau mengalami korsleting. Cara pemeriksaan yang efektif adalah dengan langsung menghubungkan kutub (+) pada dinamo ke kutub (+) baterai dengan kabel besar.

Hubungkan kutub (+) pada dinamo dengan bodi motor yang mengandung logam. Jika dinamo dalam kondisi baik, dinamo dapat berputar ketika arus listrik telah terhubung.

Kerusakan pada dinamo starter umumnya terjadi pada spull yang rusak. Tapi itu juga bisa disebabkan oleh kotoran yang sudah mengendap terlalu lama, sehingga rotor tidak bisa berputar. Untuk menemukan sumber kerusakan pada starter membutuhkan ketelitian dalam memeriksa aliran listrik, mulai dari baterai starter beralih ke dinamo.

Mengganti kabel lama atau kabel yang tidak layak, dengan kakel baru tentu lebih baik. Ini untuk mengantisipasi kerusakan di masa depan dalam jangka pendek.

5. Fuse atau Disconnect Fuse

Semua sepeda motor dilengkapi dengan sekering yang berfungsi sebagai pengaman untuk arus listrik. Sekring dapat putus jika ada korselting di sirkuit listrik, menyebabkan arus listrik tidak masuk ke rangkaian motor starter.

Untuk mengatasinya, kita harus membeli sekring baru. Tetapi sebelum itu kita harus mencari tahu apa yang menyebabkan sekering putus, kemudian memperbaikinya. Setelah itu, kami memasang sekering baru.

6. Koil Pemula yang Rusak

Rangkaian motor starter sebenarnya tidak terlalu rumit. Tetapi jika ada satu komponen yang rusak atau mati, maka kinerja starter akan terganggu dan membuat starter mati. Nah salah satu komponen yang sering rusak adalah Coil Starter.

Koil starter berada di dalam starter dinamo dan sering disebut sebagai koil. Kerusakan pada starter coil dapat terjadi karena dynamo starter terlalu panas. Untuk mengatasinya, kita bisa datang ke pembangun dinamo atau menggantinya dengan yang baru.

Jadi, itulah ulasan singkat tentang cara memperbaiki starter motor yang rusak. Semoga dengan artikel ini Anda bisa mulai memperbaiki motor di rumah tanpa harus membawanya ke bengkel.

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

There is no form with title: "SEOWP: MailChimp Subscribe Form – Vertical". Select a new form title if you rename it.

More from our blog

See all posts
No Comments

Topik forum terkini

Belum ada topik!

Leave a Comment