8 Penyebab Strik Motor: Solusi dan Cara Mengatasinya

No Comments

Iklan

Penyebab Motor Strike – Selain kondisi lalu lintas, salah satu hal yang dapat merusak suasana perjalanan adalah sepeda motor yang bermasalah. Mulai dari tidak bisa memulai, bahan bakarnya terlalu boros, hingga mogok di tengah.

Bagi orang awam yang tidak mengerti mesin, pasti kondisi di atas cukup menyebalkan. Bagaimana tidak, ketika waktu sedang ketat dan waktu sedang tergesa-gesa, eh tiba-tiba motornya mogok. Jadi, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Pada dasarnya, penyebab mogok motor adalah karena kerusakan pada salah satu komponen mesin, sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, komponen mesin yang kotor dan kurangnya perawatan juga dapat menyebabkan motor mogok.

Nah, perawatan sepeda motor sangat penting untuk mencegah pemogokan atau masalah lain. Sekarang pertanyaannya sekarang, bagian-bagian mesin mana yang dapat menyebabkan motor mogok? Untuk mengetahui jawabannya, silakan merujuk ke informasi otomotifo.com berikut.

1. Busi rusak

Meski ukurannya terbilang kecil, tapi jangan anggap remeh komponen yang satu ini. Busi adalah salah satu bagian terpenting pada sepeda motor. Selain membuat motor starter lebih mudah, busi juga merupakan penyebab utama motor mogok.

Salah satu mekanik terkenal di Jakarta pernah mengatakan bahwa busi yang bermasalah umumnya membuat brebet sepeda motor. Selain itu, pot & # 39; shoot & # 39; adalah gejala yang disebabkan oleh busi yang bermasalah.

Jika kondisinya hanya terbatas, mungkin pembersihan bisa dilakukan. Namun ketika harus mogok, langkah-langkah yang bisa diambil adalah busi keramik dan baru saja dipecahkan. Selanjutnya ganti busi dengan busi baru. Hanya dengan begitu motor dapat kembali normal.

2. Masalah Karburator

Selain busi, komponen lain yang menyebabkan motor mogok adalah karburator. Biasanya serangan motor yang disebabkan oleh karburator dapat terjadi karena aliran bensin yang tersumbat. Kondisi penyumbatan ini membuat motor jadi terhambat kecepatan. Jika penyumbatan tidak segera diperbaiki, motor akhirnya akan mati mendadak, alias mogok.

Langkah untuk mengatasinya adalah dengan membongkar karburator dan menemukan spuyer. Bersihkan spuyer dan jangan lupa juga memeriksa pelampung. Biasanya hanya kotor dan tertutup debu dan pasir. Tetapi jika Anda tidak menguasai cara memperbaiki, bawa ke bengkel terdekat atau bengkel kepercayaan.

3. Filter Udara Kotor

Perhatikan juga, fungsi filter udara pada motor adalah sebagai filter udara yang masuk ke ruang bakar dan tidak boleh dicampur dengan kotoran atau debu. Campuran udara yang disaring oleh filter harus dapat menyatu dengan baik dengan bahan bakar.

Namun, fungsi komponen ini dapat terhambat ketika filter terlalu kotor. Filter yang kotor akan membuat udara yang masuk ke mesin menjadi najis dan mengandung debu. Ini justru membuat motor bisa mogok atau mesin tidak bekerja dengan baik. Kemudian tarikan gas motor akan terasa lebih berat dan menyebabkan mogok.

4. Mesin Terlalu Panas

Hampir Anda semua akan tahu jika mesin terlalu panas atau terlalu panas dapat menyebabkan motor mogok. Motor sepertinya & # 39; ngambek & # 39; karena sistem pembakaran atau gesekan antara piston dan liner boring terlalu panas. Panas mesin tidak bisa diredam dengan pelumas sehingga suhunya naik drastis. Akibatnya, piston melebar dan liner yang membosankan menjadi macet.

Untuk mengatasi masalah ini, kami sarankan untuk segera membawa motor ke garasi untuk perbaikan lebih lanjut.

5. Memilih Bahan Bakar Yang Salah

Banyak orang yang tidak tahu bahwa penggunaan bahan bakar yang salah adalah salah satu penyebab mogok motor. Alasannya adalah bahwa setiap jenis bahan bakar memiliki tingkat oktan yang berbeda. Sekarang jika mesin tidak cocok untuk menggunakan bahan bakar tingkat rendah, itu akan mengakibatkan jumlah timah memasuki ruang bakar mesin yang menyumbat katup.

Untuk mengatasi penyebab pemogokan motor di atas, kami sarankan menggunakan BBM dengan tingkat oktan tinggi, seperti Pertalite atau Pertamax. Karena semakin tinggi nilai oktan, itu akan membuat sistem pembakaran lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan lebih kecil.

6. Oli Mesin Harus Diganti

Oli mesin memiliki masa pakai, dan harus diganti segera jika sudah kehabisan masa pakai. Di mana periode penggantian oli motor adalah setiap 3.000 km sekali atau dua bulan. Sekarang jika Anda terlambat mengganti oli, itu menyebabkan komponen mesin mengalami gesekan berlebihan yang ujungnya membuat komponen rusak.

Fungsi oli dalam melumasi setiap komponen mesin memang sangat vital. Karena oli akan melumasi katup, ring piston, dan berbagai komponen lainnya. Jika komponen rusak, dapat menyebabkan motor mati mendadak dan bahkan lebih buruk lagi dapat membuat motor mati.

7. Pengaturan Katup yang Tidak Benar

Penyebab berikutnya dari pemogokan motor adalah karena pengaturan katup yang tidak tepat. Biasanya ini terjadi karena setelah klep terlalu kencang, sehingga membuat mesin kepanasan cepat. Untuk mengatasinya, kami sarankan mengikuti pengaturan yang disediakan oleh pabrikan. Saat setting juga harus dalam keadaan engine digin, dan lebih baik bawa langsung ke bengkel supaya posisi klep bisa lebih presisi.

8. Tutup Tangki Tersumbat

Masalah ini cukup sepele, tetapi bisa menyebabkan motor mogok. Karena tutup tangki berfungsi sebagai ventilator untuk mendukung sirkulasi udara yang masuk ke tangki, sehingga bahan bakar bisa turun atau mengalir ke ruang bakar mesin. Sekarang jika tangki terhalang, maka bahan bakar tidak turun dan membuat motor mogok. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu membersihkan ventilator tutup tangki dengan udara bertekanan tinggi, sehingga tidak ada kotoran pada ventilator.

8 penyebab pemogokan sepeda motor itu harus diketahui oleh semua pemilik sepeda motor. Jika kita sudah tahu penyebabnya, maka kita bisa mengambil keputusan untuk melakukan perbaikan dengan benar. Jadi ini informasi otomotif kali ini. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat.

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

There is no form with title: "SEOWP: MailChimp Subscribe Form – Vertical". Select a new form title if you rename it.

More from our blog

See all posts
No Comments

Topik forum terkini

Belum ada topik!

Leave a Comment