enkei.id

Otomotifo.com – Perpanjang SIM Anda harus dilakukan tepat waktu dan jangan terlambat. Lalu bagaimana jika memperbarui SIM Anda terlambat sebulan? Ada konsekuensi yang harus diterima oleh masyarakat Indonesia jika mereka telah melakukan perpanjangan. Konsekuensinya adalah harus membuat SIM baru dari awal.

Konsekuensi memperpanjang Late Sim

Namun, kadang-kadang Polisi Nasional mentolerir keterlambatan pembaruan SIM, seperti selama periode penanganan wabah Corona saat ini. Jadi bagi mereka yang telah memperbarui SIM mereka, tidak perlu khawatir, karena Kepolisian Nasional akan mentolerir keterlambatan dalam memperpanjang SIM.

Setelah Indonesia aman dari Corona, toleransi yang diberikan telah kedaluwarsa dan orang Indonesia harus memperbarui SIM mereka tepat waktu. Jika terlambat satu hari saja, SIM akan kedaluwarsa dan harus membuatnya dari awal. Tentu saja Anda tidak ingin mengalami ini, karena membuat SIM sangat sulit.

SIM (SIM) sendiri memiliki masa berlaku 5 tahun sejak tanggal pertama kali dikeluarkan. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 11 yang menyatakan masa berlaku SIM selama 5 tahun dan dapat diperpanjang.

Sayangnya banyak orang Indonesia mengabaikan pembaruan SIM. Cara memperpanjang SIM sangat mudah. Bahkan sekarang ada layanan SIM Online yang dapat digunakan untuk memperpanjang SIM di mana pun dan kapan pun. Untuk mengetahui cara menggunakan layanan ini, silakan merujuk ke artikel "Cara Memperpanjang SIM Online" di artikel sebelumnya.

SIM Online adalah terobosan untuk memfasilitasi proses birokrasi dalam memperluas SIM. Meski begitu kita tetap harus datang ke Satpas, Outlet atau Mobile SIM untuk mencetak SIM yang telah diperpanjang.

Tujuan utama dari SIM Online adalah untuk memutus rantai perantara yang sering terjadi di Satpas. Karena dengan layanan ini, proses pembayaran ekstensi SIM dapat dilakukan melalui transfer bank sehingga tidak perlu bagi pialang SIM untuk memperpanjang layanan.

Sebenarnya, memperpanjang SIM tidak memerlukan broker. Karena proses pembaruan SIM sangat mudah karena tidak perlu mengikuti ujian atau tes seperti ketika membuat SIM untuk pertama kalinya. Akan menjaga hak istimewa ini akan hilang jika Anda terlambat memperbarui SIM selama sebulan atau bahkan hanya satu hari.

Perbarui Dokumen SIM

Untuk saat ini, layanan perpanjangan SIM Online hanya berlaku untuk SIM A dan SIM C saja. Untuk grup SIM lain, Anda harus datang ke lokasi Perpanjangan SIM di setiap wilayah. Anda dapat memilih beberapa lokasi yang memperpanjang SIM, seperti Satpas, Mobile SIM atau Stasiun SIM, yang tersedia di setiap kota. Saat datang ke lokasi pembaruan SIM, jangan lupa membawa dokumen berikut

Bawa ID asli dan fotokopi. Bawa SIM lama Anda untuk diperbarui. Informasi Kesehatan dari dokter atau KIR dokter yang dapat diperoleh di lokasi pembaruan SIM.

Berapa biayanya?

Maka soal biaya perpanjangan SIM hanya Rp. 75.000 untuk kelas SIM C dan Rp. 80.000 untuk SIM A. Sedangkan untuk kelas lain, silakan merujuk ke artikel Perpanjang Biaya SIM. Mengingat bahwa biaya yang diperlukan cukup terjangkau, kami sarankan untuk menghindari perpanjangan SIM yang terlambat selama satu bulan atau lebih dari periode validitas.

Lebih baik memperpanjang SIM satu minggu sebelum masa berlaku berakhir atau maksimal satu hari sebelum masa berlaku. Tentu saja Anda tidak ingin membuat SIM dari awal, karena prosesnya sangat rumit dan memakan waktu. Ada banyak prosedur untuk membuat SIM baru, mulai dari tes teori, tes praktik hingga tes simulator.

Memperpanjang SIM akhir bulan akan menjadi bencana bagi sebagian orang. Karena itu, lebih baik mengikuti saran kami untuk membuat ekstensi sebelum masa berlaku SIM berakhir. Karena dalam kondisi normal tidak akan ada toleransi dalam bentuk masa tenggang atau setelah masa berlakunya SIM berakhir.

Untuk saat ini memang ada kebijakan terpisah yang membuatnya tidak perlu memperpanjang SIM maksimum selama 2 bulan setelah masa berlakunya berakhir. Namun, toleransi ini dapat kedaluwarsa setiap saat, jadi untuk berjaga-jaga jika lebih baik memperbarui SIM secara langsung atau online.

Nah dengan demikian informasi tentang konsekuensinya telah memperpanjang sim sebulan. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat, dan jangan lupa juga merujuk pada artikel tentang harga mobil Rush bekas dan berbagai informasi tentang dunia otomotif yang kami perbarui setiap hari, hanya di otomotifo.com.

Kesimpulan

Dari informasi di atas, kita dapat menyimpulkan sebagai berikut

Berapa lama validitas SIM?

Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 Pasal 11, validitas semua kelompok SIM adalah 5 tahun sejak tanggal pertama kali diterbitkan

Dapatkah Ekstensi SIM Terlambat selama sebulan?

Perpanjang SIM Anda harus tepat waktu. Maksimal 1 hari sebelum masa berlaku berakhir.

Apa konsekuensi dari keterlambatan memperbarui SIM Anda?

Jika Anda terlambat memperbarui SIM, Anda harus membuat SIM baru.

Berapa Biayanya Membuat SIM Terlambat?

Untuk SIM yang terlambat, Anda harus membuat SIM baru, sehingga biaya yang berlaku sama dengan biaya pembuatan SIM baru yang dapat Anda lihat di artikel berikut "Biaya Perpanjangan SIM"

Di mana Lokasi Ekstensi SIM?

Perpanjangan SIM dapat dilakukan di Satpas, outlet SIM, atau layanan SIM seluler.

Dokumen Apa yang Dibutuhkan?

Dokumen yang diperlukan hanya terbatas pada KTP, Sim Lama, dan Dokter KIR. Jangan lupa menyertakan dokumen yang diperlukan dalam PETA.

Leave a Reply