Berapa Denda Tiket Motor Bermotor Mati? Ayo Periksa Di Sini

No Comments

Otomotifo.com – Banyak pemilik sepeda motor sering mengabaikan pembayaran pajak. Padahal membayar pajak adalah kewajiban semua pemilik kendaraan bermotor.

Apa yang terjadi jika Anda tidak membayar pajak motor? Yang terjadi adalah pendaftaran kendaraan bermotor menjadi tidak valid. Akibatnya pihak berwenang berhak memberikan sanksi tiket.

Pendaftaran kendaraan STNK sendiri berlaku selama 5 tahun, tetapi setiap tahun pemilik kendaraan bermotor diharuskan membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor).

Jumlah pajak motor tergantung pada jenis motor dan tahun produksinya. Untuk sepeda motor cc besar, pajaknya jauh lebih mahal, seperti Ninja 250, Honda CBR250RR, R25, dll.

Tujuan pembayaran pajak sepeda motor setiap tahun adalah untuk mengesahkan pendaftaran dan identifikasi kendaraan bermotor sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2012 tentang Pendaftaran dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Pasal 37 ayat 2 juga menjelaskan bahwa STNK adalah bukti legitimasi kendaraan bermotor. Jadi jika sepeda motor tidak dilengkapi dengan registrasi kendaraan, itu adalah sepeda motor ilegal yang tidak dapat dikendarai di jalan raya.

Kemudian dalam Paragraf 3 dijelaskan bahwa STNK memiliki masa berlaku 5 tahun sejak tanggal penerbitan pertama, perpanjangan atau registrasi mutasi dari luar wilayah residen dan harus dicari otorisasi setiap tahun.

Jika Anda tidak memvalidasi setiap tahun, pajak motor akan mati dan pemilik sepeda motor harus membayar denda untuk penalti pajak tiket sepeda motor. Sekarang cari tahu berapa denda, silakan lihat di bawah

Denda Tiket Pajak Motor Sudah Mati

Sanksi terberat dijatuhi hukuman penjara sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Dimana peraturan tersebut tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Pasal 228 Ayat 1 menyatakan bahwa "Setiap orang yang mengendarai Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Nomor Kendaraan Bermotor atau Sertifikat Izin Kendaraan Bermotor yang ditentukan oleh Kepolisian Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dihukum penjara maksimal 2 bulan atau denda maksimal Rp500.000

Mengacu pada peraturan di atas, dapat disimpulkan bahwa denda pajak motor mematikan adalah maksimal Rp. 500.000 atau hukuman penjara maksimal 2 bulan.

Bagi mereka yang rutin membayar pajak motor setiap tahun, tidak perlu khawatir, karena mereka bisa mengendarai sepeda motor dengan santai tanpa khawatir ditabrak dengan tiket polisi.

Tetapi bagi mereka yang terlambat membayar pajak, kami sarankan membayar pajak langsung di kantor Samsat terdekat atau melalui layanan seluler Samsat atau Samsat.

Bagi mereka yang keras kepala, mereka harus siap membayar denda pajak tiket motor mati ketika terjaring razia kendaraan bermotor.

Agar uang tidak terbuang sia-sia untuk membayar denda pajak kendaraan bermotor, ada baiknya segera membayar pajak motor ketika masa berlaku hampir habis.

Jika Anda terlambat membayar pajak, Anda juga akan didenda. Anda dapat mendengarkan informasi tentang cara menghitung penalti pajak sepeda motor untuk mengetahui jumlah denda ketika terlambat membayar pajak.

Sebaiknya jangan terlambat membayar pajak selama lebih dari 2 tahun. Karena ada wacana pendaftaran sepeda motor yang akan dihapus jika sudah lebih dari 2 tahun terlambat.

Saat ini wacana di atas masih berlaku. Namun, kami percaya bahwa di masa depan peraturan ini akan mulai diterapkan di semua wilayah.

Nah cukup informasi otomotifo.com tentang denda pajak tiket motor mati. Lihat juga informasi sebelumnya tentang cara meningkatkan indikator bensin sepeda motor dan berbagai informasi tentang dunia otomotif.

Faq

Berapa Denda Tiket Motor Bermotor Mati?

Untuk pemilik sepeda motor yang terlambat membayar pajak, mereka harus membayar tiket tiket maksimum Rp. 500.000 atau hukuman penjara maksimal 2 bulan.

Bisakah Denda Lalu Lintas Dikurangi?

Ya, karena penalti di atas adalah denda maksimal. Jumlah denda akan diputuskan pada persidangan cepat

Bagaimana cara membayar tiket?

Pelanggar pertama-tama harus membayar denda melalui setoran tunai ke teller bank BRI, ATM, mesin EDC, atau datang langsung ke Kantor Kejaksaan di setiap wilayah

Bagaimana jika tidak membayar denda?

Jika Anda tidak membayar denda, STNK akan ditahan. Yang lebih parah adalah sepeda motor dapat ditahan jika tidak dapat menunjukkan kepemilikan atas registrasi kendaraan.

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

There is no form with title: "SEOWP: MailChimp Subscribe Form – Vertical". Select a new form title if you rename it.

More from our blog

See all posts
No Comments

Topik forum terkini

Belum ada topik!

Leave a Comment