enkei.id

Biaya Penyesuaian Mobil – Satu hal yang harus dilakukan setiap pemilik mobil adalah menyetel. Tujuannya adalah mengembalikan kinerja mobil agar mobil tetap nyaman dikendarai. Selain itu, tune up mobil juga diperlukan untuk memeriksa komponen mesin, apakah kondisinya masih bagus atau tidak.

Kita bisa mendengarkan di bengkel resmi atau bengkel tidak resmi. Biaya yang dikeluarkan bervariasi, tergantung pada tarif setiap bengkel. Namun menurut dugaan kami, biaya tune up mobil tidak mahal dan sebanding dengan hasil yang didapat setelah tune up.

Komponen Diperiksa Saat Tune Up

Tune up juga dapat mencegah kerusakan pada mesin mobil, karena hampir setiap komponen mesin diperiksa untuk memastikan kondisinya. Jadi bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dan performa mobil, maka lakukan penyetelan rutin mesin mobil. Sekarang untuk mengetahui komponen apa yang diperiksa, silakan lihat di bawah.

1. Filter Udara

Salah satu komponen terpenting dalam mesin mobil adalah saringan udara. Nantinya filter udara akan diperiksa dan dibersihkan agar tidak mengganggu kinerja mobil. Jika kondisinya terlalu parah, maka biasanya teknisi akan merekomendasikan untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Celah busi

Busi adalah komponen terpenting dalam sistem pengapian mobil. Sekarang ketika tune up, teknisi akan memeriksa kondisi busi dan celah busi. Cara mengeceknya adalah dengan melihat api yang keluar dari celah busi, apakah terlalu besar atau terlalu kecil. Kemudian teknisi akan melakukan penyesuaian sehingga kondisinya kembali baik.

3. Karburator dan Throttle Body

Bagian selanjutnya yang harus diperiksa saat menyetel mobil adalah Karburator dan Throttle Body. Komponen akan diperiksa, kemudian dibersihkan dengan carbu cleaner sehingga kondisinya tetap baik. Namun untuk mobil injeksi, inspeksi hanya terbatas pada throttle body yang kemudian dibersihkan dengan Throttle Body Cleaner.

4. Katup Celah

Saat ini banyak mobil modern menggunakan sistem HLA (Hydraulic Lash Adjuster). Jika mobil Anda sudah menggunakan sistem, maka celah katup tidak perlu diperiksa. Tetapi untuk mobil dengan sistem katup konvensional, maka celah katup harus diperiksa untuk mengetahui apakah posisinya tepat atau tidak.

5. Aki

Selanjutnya, inspeksi akan beralih ke baterai. Biasanya baterai akan diperiksa tegangannya, apakah masih normal atau sudah lemah. Pemeriksaan baterai sangat penting, karena baterai merupakan salah satu inti sistem kelistrikan mobil. Itulah sebabnya kondisi harus selalu dijaga dan diperiksa secara teratur untuk memastikan kondisi tersebut.

6. Minyak

Salah satu hal terpenting ketika menyetel mobil adalah memeriksa oli atau cairan fluida lain yang ada di mesin, seperti oli streering listrik, oli gandar, minyak rem, dan oli transmisi. Semuanya harus diperiksa dan harus diganti ketika saatnya tiba.

Arahkan Tune Up Car

Mungkin Anda berpikir bahwa menyetel mobil sama dengan servis biasa. Namun sebenarnya tune up mobil hanya berfokus pada mesin dengan tujuan sebagai berikut. Mengatasi gelitik mesin. Biasanya ini terjadi karena saluran pembakaran kotor dan saatnya mengganti oli mesin. Gelitik juga sering terjadi karena masalah dengan busi yang kotor dan tidak layak untuk digunakan. Mesin mobil brebet atau buntu juga bisa diatasi dengan tune up. Karena salah satu penyebab mesin mobil brebet adalah throttle body yang kotor dan masalah dengan filter bahan bakar. Seringkali mobil terasa kurang bertenaga, meskipun sudah menginjak gas dalam-dalam. Masalah-masalah ini dapat diselesaikan dengan mudah melalui tune up. Mengatasi masalah mobil keluar asap hitam di saluran pembakaran yang disebabkan oleh masalah dengan mesin. Sekarang dengan melakukan penyetelan, maka kita dapat menentukan penyebabnya karena semua komponen mesin akan diperiksa dan diperiksa kondisinya. Tujuan lain adalah untuk menjaga performa mobil agar selalu optimal sehingga umur mobil menjadi lebih lama.

Dari informasi di atas dapat disimpulkan, bahwa tujuan utama dari penyetelan adalah untuk mengembalikan performa mobil ke keadaan semula. Nah, ini bisa dicapai jika kita rela menghabiskan hanya beberapa ratus ribu untuk membayar biaya penyetelan mobil. Sekarang untuk mereka yang ingin tahu berapa harganya pasti, silakan lihat di bawah ini.

Berapa Biaya Tune Up Mobil?

Asal tahu saja, bahwa biaya menyetel mobil di setiap bengkel bervariasi. Biayanya akan jauh lebih mahal jika disiapkan di bengkel resmi. Namun, jika berada di bengkel umum, biasanya akan ditetapkan sebesar Rp. 350.000. Biaya-biaya ini tidak termasuk biaya penggantian bagian jika ada bagian yang harus diganti.

Jika masalah dengan mobil tidak dapat diselesaikan dengan tune up dan komponen pengganti, seringkali bengkel akan melakukan mesin pemindaian untuk menemukan masalah. Sekarang biaya pemindaian mobil biasanya ditetapkan sebesar Rp. 150.000. Sayangnya, tidak semua bengkel memiliki pemindai, jadi lebih baik memilih bengkel besar dengan alat lengkap.

Ya, setidaknya kita perlu biaya Rp. 500.000 untuk sekali penyetelan mobil. Tetapi biaya yang ditetapkan oleh masing-masing bengkel berbeda. Bisa lebih mahal atau bahkan lebih murah. Sebagai tindakan pencegahan, kami sarankan Anda menyiapkan total Rp. 1 juta sehingga Anda bisa mengganti oli juga.

Biaya menyetel mobil tidaklah murah. Meski begitu, Anda harus melakukannya agar kinerja mobil selalu terjaga. Nah cukup informasi otomotifo.com tentang biaya penyetelan mobil beserta manfaatnya. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan dapat menjadi referensi dalam merawat mesin mobil.

Leave a Reply