enkei.id

Iklan

Biaya Perubahan Warna Mobil – Perubahan warna mobil harus diikuti oleh perubahan warna pada registrasi kendaraan atau BPKB. Jika status warna pada STNK tidak berubah, maka Anda harus menanggung risiko ditilang karena tidak mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Selain itu biaya mengubah warna mobil tidak mahal, karena hanya perlu membayar PNBP STNK dan PNBP BPKB yang biayanya tidak mencapai jutaan rupiah

Mengingat biaya perubahan warna registrasi mobil dan mobil BPKB tidak terlalu mahal, ada baiknya segera mengurusnya. Tentu saja Anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk membayar denda karena warna mobil tidak sesuai dengan registrasi kendaraan. Denda maksimum Rp. 250.000 atau penjara selama 1 bulan. Belum lagi jika Anda harus menghadiri uji coba yang melaju kencang, tentu saja waktu akan terbuang sia-sia.

Salah satu alasan banyak orang enggan berurusan dengan mengubah status warna mobil adalah karena mereka pikir prosesnya rumit dan mahal. Padahal caranya sangat mudah dan prosesnya cukup cepat. Biaya yang dikeluarkan juga tidak semahal kami mengurus mutasi kendaraan bermotor yang mencapai jutaan rupiah. Sekarang bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui biaya mengubah warna mobil, silakan lihat di bawah.

Ketentuan untuk Perubahan Warna

Persyaratan Ubah Warna Mobil

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi agar proses perubahan warna mobil berjalan lancar. Persyaratan untuk mengubah warna mobil yang dimiliki oleh perorangan juga berbeda dengan mengubah warna mobil yang dimiliki oleh badan hukum atau lembaga pemerintah (termasuk BUMN dan BUMD). Sekarang untuk mengetahui semua kondisi, silakan merujuk ke informasi yang kami kirimkan di bawah ini.

Jika Anda ingin mengubah warna mobil pribadi, maka salah satu syaratnya adalah memasukkan identitas Anda. Anda dapat memilih antara KTP, SIM, KK, atau paspor. Mereka yang tidak dapat mengurus diri sendiri juga dapat meminta bantuan dari orang lain, tetapi harus membuat surat kuasa yang ditandatangani pada materi.

Kemudian bagi Anda yang ingin mengubah warna mobil milik badan hukum, Anda harus menyertakan salinan sertifikat pendirian perusahaan, pernyataan domisili, dan surat otorisasi dari pimpinan perusahaan yang ditandatangani pada stempel dan dilengkapi dengan badan hukum yang bersangkutan.

Lebih lanjut, untuk mengubah warna mobil milik badan pemerintah, baik BUMN maupun BUMD membutuhkan surat tugas atau surat kuasa yang ditandatangani dengan materai Rp. 6000 oleh pemimpin agensi dan dilengkapi dengan cap agensi. Masih ada beberapa kondisi untuk mengubah warna mobil lain. Dimana kondisinya adalah sebagai berikut

Asli dan fotokopi registrasi kendaraan dan fotokopi asli dan fotokopi asli PKB / BBNKB bukti pembayaran tahun lalu Bukti hasil pemeriksaan fisik kendaraan bermotor Surat pernyataan dari bengkel / badan yang mengubah warna mobil dan ditandatangani pada materai Dokumen lain yang berkaitan dengan proses perubahan warna

Seperti yang Anda lihat di atas, salah satu persyaratan untuk mengubah warna mobil adalah dengan menyertakan sertifikat perubahan warna yang diperoleh dari garasi atau perusahaan juru kunci yang melakukan pengecatan. Selain itu, kami juga harus menyertakan salinan SIUP dan NPWP dari garasi tempat mobil berubah warna.

Persyaratan poin terakhir memang cukup rumit, karena tidak semua bengkel memiliki SIUP dan NPWP. Itu sebabnya kami menyarankan mencari bengkel resmi yang legalitasnya terjamin. Bagi yang sudah melukis mobil di bengkel tidak resmi, kami memiliki solusinya, yaitu dengan meminta bantuan broker.

Biaya mengubah warna mobil menggunakan jasa broker tentu lebih mahal, tetapi itu tidak masalah asalkan menyederhanakan proses mengubah warna mobil. Biasanya broker memiliki orang dalam yang akan membantu mereka dalam berurusan dengan perubahan warna registrasi kendaraan atau BPKB.

Cara Mengubah Warna Mobil

Sekarang, setelah mengetahui semua kondisinya, lalu bagaimana cara mengubah warna mobil di BPKB dan STNK. Metode ini sangat mudah, karena Anda hanya perlu datang ke kantor Samsat terdekat dengan semua kondisi di atas. Nantinya petugas Samsat akan membantu kita dalam mengelola registrasi status warna kendaraan bermotor.

Sebelum registrasi, kita harus terlebih dahulu memeriksa kendaraan secara fisik. Pajak mobil juga harus tetap berjalan, karena harus menyertakan bukti pembayaran PKB dan BBNKB tahun lalu. Setelah itu, yang harus kita lakukan hanyalah mengisi formulir pendaftaran yang diperoleh dari petugas Samsat.

Anda harus mengisi formulir sesuai dengan pemilik kendaraan. Kemudian menyerahkan formulir yang sudah diisi kepada petugas dan setelah itu hanya membayar biaya mengubah warna mobil. Biaya yang harus dibayarkan hanya terbatas pada biaya PNBP STNK dan PNBP BPKB. Sekarang bagi mereka yang penasaran untuk mengetahui biaya mengubah warna mobil, silakan lihat di bawah.

Biaya Perubahan Warna Mobil

Anda semua pasti penasaran untuk mengetahui biaya mengubah warna mobil dalam registrasi kendaraan dan BPKB. Jumlah biaya telah diatur melalui PP nomor 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dalam Peraturan Pemerintah disebutkan bahwa biaya mobil STNK PNBP adalah Rp. 200.000. Sedangkan untuk PNBP BPKB mobilnya adalah Rp. 375.000.

Anda hanya perlu membayar biaya mengubah warna mobil di atas untuk mengubah status warna mobil dalam registrasi kendaraan dan BPKB. Bisa dibilang biaya mengganti warna mobil tidak mahal. Tetapi jika Anda menggunakan jasa broker, tentu biayanya akan lebih mahal. Ini bisa dua kali lebih mahal, jadi lebih baik mengurusnya sendiri.

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa biaya mengubah warna mobil dalam registrasi kendaraan dan BPKB adalah Rp. 575.000. Total biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil daripada biaya ganti cat mobil yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Sebenarnya kita bisa mengubah warna mobil, tanpa mengubah status warna. Namun, hanya 20% dari warna dasar yang diizinkan. Bagi mereka yang tidak peduli, tidak perlu membayar biaya mengubah warna mobil dalam registrasi kendaraan dan BPKB sesuai dengan informasi yang kami sampaikan di atas. Nah, itu semua informasi di Automotiveo.com kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Leave a Reply