enkei.id

Iklan

Honda EX5 2020 adalah sepeda motor terbaru yang diluncurkan oleh Honda Malaysia. Sepeda motor ini memiliki desain yang sangat unik, karena desainnya mirip dengan Astrea Grand yang merupakan motor legendaris di Indonesia.

Sepeda motor ini secara khusus dipasarkan untuk pasar Malaysia. Namun tidak menutup kemungkinan PT. Astra Honda Motor akan memasukkannya di Indonesia. Apalagi sekarang yang sedang tren adalah sepeda motor bergaya retro.

Sebelumnya PT AHM juga merilis dua sepeda motor bergaya retro di Indonesia, yaitu Honda Monkey dan Honda Super Cub C125. Keduanya dihargai sangat mahal, karena mereka dijual dengan harga melebihi 60 juta rupiah.

Sekarang yang menarik dari Honda EX5 adalah harganya hanya Rp. 15 juta. Dengan harga murah itu, tentu banyak orang yang tertarik membelinya, terutama pecinta sepeda motor retro di Indonesia. Tetapi jangan berharap sepeda motor ini memiliki fitur dan spesifikasi yang canggih, karena semuanya standar sehingga mereka sebanding dengan harga jual yang murah.

Ulasan dari Honda EX5 Motorcycle

Anda semua pasti penasaran untuk mengetahui spesifikasi Honda EX5. Untuk spesifikasinya sendiri dilengkapi dengan 4 mesin berpendingin udara dengan kapasitas 109cc. Mesin tersebut telah dilengkapi dengan teknologi PGM-FI sehingga konsumsi bahan bakarnya sangat irit.

Kemudian untuk tenaga 8,54 tenaga kuda dan torsi 8,62 Nm. Kehadiran sistem pembakaran injeksi (PGM-FI) membuat performa mesin Honda EX5 lebih responsif. Selain itu, ada juga sistem transmisi 4 percepatan untuk meningkatkan kemampuan akselerasi.

Tidak ada yang istimewa dalam hal mesin. Tapi yang menarik, sepeda motor ini sudah menggunakan mesin injeksi yang membuatnya tidak kalah modern dari motor saat ini. Meskipun dari segi desain terlihat sangat klasik karena terinspirasi oleh Honda Grand.

Honda Malaysia menyediakan empat pilihan warna yang terdiri dari Pearl Nightfall Blue dan Pearl Magellanic Black, Candy Scintillated Red, Space Magenta Metallic. Keempat warna membungkus bodi Honda EX5 yang memiliki panjang 1.923 mm, lebar 696 mm, dan tinggi 1.046 mm.

Sepeda motor ini juga memiliki jarak sumbu roda 1.212 mm. Kemudian untuk bobot 97 kg untuk jari-jari velg dan 99 kg untuk velg. Dimensinya ideal dengan desain keseluruhan yang mencerminkan sepeda motor bergaya retro.

Ketika Anda melihat sepeda motor ini, Anda mungkin berpikir itu adalah Honda Astrea Grand yang dipulihkan. Desainnya memang sangat mirip dengan bentuk lampu klasik dan masih menggunakan lampu halogen standar. Di bagian belakang juga dipasang handle berlapis krom dan untuk bodi dibalut gaya retro.

Kesan klasik juga terlihat dari penutup pelindung suspensi belakang. Sedangkan untuk suspensi depan menggunakan teleskopik. Kemudian untuk rem menggunakan tipe drum rem depan dan belakang.

Honda menyediakan dua jenis velg, yaitu ruji dan balap. Keduanya dibungkus ban tubetype dengan ukuran 70 / 90-17M / C 38P untuk ban depan dan belakang 80 / 90-17M / C 50P. Selain itu, ada juga tangki bahan bakar 4,3 liter di bawah jok.

Ketika berbicara tentang kekurangan, tentu saja motor ini memiliki banyak kekurangan. Bahkan speedometernya masih bergaya analog yang memberi kesan sekolah sangat tua. Namun kekurangan ini bukan masalah, karena tujuan Honda membuat EX5 adalah untuk menangkap minat para pecinta sepeda motor bergaya retro.

Spesifikasi Honda EX5

DIMENSI Panjang Lebar 696 mmTinggi 1.046 mmTinggi roda1, 1.212 mmBerat 97 kg (Jari-jari) / 99 kg (Balap) Kapasitas Tangki4,3 LiterMesin Mesin Tempel4 Stroke, 1 Cylinder SOHPemanas Mesin Pendingin Udara Kapasitas Mesin Stroke50.0 x 55.60 mm Rasio Kompresi9.3: 1 BRAKE KAKI Ban Depan 70 / 90-17M / C 38P Ban Belakang 80 / 90-17M / C 50 PS Suspensi Depan Telescopic Suspensi Belakang Belakang Suspensi Ganda BRAKE Ban Depan 70 / 90-17M / C 38P Ban Belakang 80 / 90-17M / C 50 PS Suspensi Depan Telescopic Suspensi Belakang Suspensi Ganda BRAKE Rem Depan 70 / 90-17M / C 38P Ban Belakang 80 / 90-17M / C 50 PS Suspensi Depan

Seperti yang Anda lihat di atas, spesifikasi Honda EX5 hampir tidak cukup. Kami tidak akan menemukan fitur dan teknologi canggih pada sepeda motor ini, kecuali untuk teknologi PGM-FI yang telah dibawanya. Sekarang pertanyaannya sekarang, berapa harga Honda EX5 di Indonesia?

Berapa harga Honda EX5?

Sepeda motor ini bukan untuk pasar Indonesia. Tapi tidak ada salahnya kita tahu berapa biayanya. Di Malaysia, sepeda motor ini dipasarkan dengan harga RM 4.785 atau setara dengan Rp. 15,8 Jutaan. Harga ini khusus untuk jenis jari-jari yang tersedia dalam pilihan warna biru dan merah.

Sedangkan versi velg dijual dengan harga RM 5,009 atau setara dengan Rp. 16,5 Jutaan. Harganya memang sangat murah, karena kita bisa mendapatkannya dengan harga di bawah 20 Juta Rupia. Tapi bisa jadi harga di Indonesia lebih mahal jika nanti AHM menempatkannya di Indonesia.

Twin Honda Astrea Grand ini dapat menjadi alternatif bagi mereka yang mencari sepeda motor bebek murah yang hidup dengan desain anti-arus utama. Mari kita tunggu kabar selanjutnya dari PT Astra Honda Motor, apakah akan dimasukkan ke Indonesia atau tidak.

Leave a Reply