Penyebab dan Cara Menangani Ban Leaky Tubeless yang Halus (Sepeda Motor & Mobil)

No Comments

Iklan

Otomotifo.com – Salah satu kemunculan ban halus yang bocor sering diabaikan oleh pengendara. Biasanya pengemudi tidak tahu bannya bocor mulus, tetapi lama-lama ban akan kempes dengan sendirinya.

Kebocoran yang lancar memang cukup merepotkan, karena jika dibiarkan sendiri kita harus bolak-balik isi angin agar tekanan ban kembali normal. Semua jenis ban dapat mengalami masalah ini, sehingga tidak terbatas pada ban tipe tubet, tetapi juga ban tubeless.

Menjaga tekanan ban memang sangat penting. Karena tekanan angin sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Jika ban kempes, tentu saja kenyamanan berkurang dan bisa membahayakan keselamatan karena sepeda motor atau motor menjadi tidak stabil.

Cara mengatasi ban tubeless bocor sebenarnya cukup mudah. Namun seringkali pemilik kendaraan bermotor lebih suka datang ke tukang ban untuk menanganinya. Adalah sah jika pemilik kendaraan bermotor melakukan ini, karena ia tidak ingin merasa rumit.

Penyebab Ban Tubeles Bocor Halus

Meskipun ban tubeless lebih kokoh daripada ban tubetype, namun ban tubeless bisa bocor. Kebocoran ban tubeless dapat disebabkan oleh beberapa hal dan untuk mengetahui apa yang menyebabkan kebocoran ban tubeless, silakan lihat di bawah ini.

1. Kondisi Ban

Faktor pertama yang membuat ban bocor dengan lancar adalah kondisi ban yang terlalu tipis atau botak. Penggunaan kendaraan terus menerus, terutama pada jalan miring dalam jangka panjang, maka risiko ban tipis cepat.

Jika Anda sering melewati jalanan landai dengan kendaraan, Anda harus memilih ban tubeless berkualitas tinggi agar tidak menjadi kurus atau cepat botak.

2. Ada Kebocoran pada Koneksi Rims dan Ban

Faktor kedua yang membuat kebocoran ban sepeda motor tubeless adalah kebocoran velg dan ban. Kebocoran ban tubeless tidak selalu hanya di luar ban, tetapi di dalam sambungan roda ban juga bisa terjadi kebocoran.

3. Kebocoran pada Ban Pentil

Ban tubeless biasanya mengalami kebocoran karena benda tajam. Namun, jika ban tubeless bocor dengan lancar itu biasanya terjadi oleh faktor internal ban itu sendiri.

Salah satu faktor internal yang menyebabkan ban bocor dengan lancar adalah katup ban. Fungsi katup pada ban adalah sebagai pintu masuk dan keluar angin. Nah, jika ban Anda sering kempes tanpa ditusuk tajam itu bisa terjadi karena katup kendur ban longgar.

Cara Menangani Ban Tubeless Anti Bocor yang Halus

Setelah Anda tahu penyebab ban tubeless bocor dengan mulus. Selanjutnya kita akan meninjau cara menangani ban tubeless halus di bawah ini

1. Mencari kebocoran dengan Air Sabun

Cara mencari kebocoran di ban tubeless dengan memutar area permukaan ban tubeless. Jika Anda tidak menemukan area yang bocor, Anda dapat menggunakan sabun cair.

Caranya adalah dengan memompa ban sampai penuh kemudian perlahan-lahan putar ban sambil disiram dengan air sabun. Gosok ban dengan air sabun ketika gelembung udara muncul, pertanda bahwa ban bocor.

2. Tandai Area Bocor

Setelah menemukan area bocor pada ban tubeless, jangan lupa untuk menandai area bocor. Cara menandainya cukup dengan sapu lidi. Tempelkan sapu di bagian ban yang bocor.

Mencungkil bagian ban yang bocor dengan benda kecil seperti sapu tidak berbahaya. Karena fungsi menusuk hanya sebagai penanda area bocor.

Setelah area ban ditandai, langkah selanjutnya adalah mencuci ban bersih, lalu mengeringkan ban dengan kain kering.

3. Jatuhkan Lem di Area Bocor

Jika langkah pertama dan kedua telah diambil. Langkah selanjutnya adalah menjatuhkan lem dari lem pada area yang bocor sampai lem meresap. Anda dapat menggunakan alat lain untuk menusuk lubang sampai lem memasuki area bocor dan menunggu sampai mengering.

Jika lem pada ban benar-benar kering, maka pompa tubele ban Anda lagi. Kendaraan Anda siap digunakan kembali.

Namun, seiring waktu cara menangani ban tubeless bocor tidak lagi menggunakan metode di atas. Cara terbaru untuk menambal ban bocor dapat dilakukan dengan cairan IML

Cara Menangani Ban Leaky Tubeless yang Halus dengan IML Liquid

Menurut pendapat kami langkah-langkah untuk mengatasi ban bocor halus dengan cairan IML sangat efektif. Kedengarannya aneh menambal ban bocor hanya dengan cairan. Namun, metode ini telah terbukti dapat menambal ban tanpa efek samping pada ban.

Penggunaan cairan ini tidak akan merusak ban, anti karat, tidak merusak vleg, dan tidak menyumbat katup sehingga cairan tersebut aman untuk ban.

Cara mengoleskan cairan ini cukup mudah, karena memiliki sifat kadar air yang telah disesuaikan. Cairan ini dapat diaplikasikan melalui katup ban tanpa penyumbatan saat mengisi ulang cairan.

Dengan menggunakan cairan anti bocor, perjalanan Anda aman dan nyaman, karena cairan anti bocor ini akan menambal secara otomatis dan permanen.

Caranya setelah mengetahui penyebab terjadinya kebocoran ban halus dan cara menanganinya. Sebenarnya, cara menangani ban bocor dapat dilakukan secara pribadi tanpa intervensi dari bengkel. Cara menangani ban yang bocor di atas juga aman dan tidak merusak komponen ban. Lebih baik bagi Anda untuk menggunakan metode di atas agar lebih aman, lebih sederhana, lebih murah dan lebih nyaman karena dilakukan di rumah.

Nah begitu informasi otomotif tentang cara menangani ban motor tubeless. Metode ini cukup mudah, tetapi bagi mereka yang tidak ingin masalah, lebih baik pergi ke tukang ban terdekat.

This is author biographical info, that can be used to tell more about you, your iterests, background and experience. You can change it on Admin > Users > Your Profile > Biographical Info page."

About us and this blog

We are a digital marketing company with a focus on helping our customers achieve great results across several key areas.

Request a free quote

We offer professional SEO services that help websites increase their organic search score drastically in order to compete for the highest rankings even when it comes to highly competitive keywords.

Subscribe to our newsletter!

There is no form with title: "SEOWP: MailChimp Subscribe Form – Vertical". Select a new form title if you rename it.

More from our blog

See all posts
No Comments

Topik forum terkini

Belum ada topik!

Leave a Comment