enkei.id

Yamaha baru saja meluncurkan All New Aerox 155 Connected yang merupakan generasi terbaru dari sepeda motor Yamaha Aerox. Motor ini membawa segudang ubahan yang membuatnya semakin modern dan tentunya lebih canggih. Nah untuk mengetahui apa saja fitur-fitur dari motor Aerox Connected tersebut, silahkan lihat dibawah ini.

Mesin 155cc dengan teknologi Blue Core dan VVA tetap menjadi andalan Yamaha Aerox Connected. Mesinnya dijamin bertenaga, tapi tetap irit bahan bakar. Tenaga yang dihasilkan cukup besar dengan tenaga mencapai 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Mesin yang digunakan motor Yamaha Aerox Connected ini mampu menghasilkan tenaga dan torsi maksimal di setiap putaran mesin. Dari segi performa juga sangat responsif sehingga memberikan pengalaman maksimal saat berkendara jarak jauh maupun pendek.

Yamaha sangat memperhatikan kenyamanan pengendara Aerox Connected. Itu sebabnya motor ini dibekali mesin terbaik dengan teknologi tercanggih di kelasnya. Tapi bukan itu saja, motor Aerox 155 juga memiliki desain yang sporty dengan posisi riding yang super nyaman.

Yamaha Aerox Connected bisa diibaratkan sebagai motor sport berwajah seperti motor matik. Pasalnya desain motor ini terlihat sangat sporty dengan bentuk yang besar khas Yamaha Maxi Scooters. Dimensinya adalah panjang 1.980 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.150 mm.

Jarak antara as roda depan dan belakang mencapai 1.350 mm dan memiliki ground clearance 143 mm. Posisi joknya cukup tinggi, mencapai 790 kg. Sedangkan bobotnya 122 kg dan memiliki tangki bahan bakar berkapasitas 5,5 liter.

Sebelumnya Yamaha Aerox hanya punya tangki berkapasitas 4,6 liter. Artinya dari segi kapasitas, peningkatannya cukup besar. Tidak hanya kapasitas tangki yang bertambah, tapi juga performa motor ini. Pasalnya versi sebelumnya memiliki tenaga 11 kW pada 8.000 rpm dan torsi 13,8 Nm pada 6.250 rpm.

Dari segi desain juga berbeda. Motor ini memiliki desain yang lebih aerodinamis dengan body full fairing yang menjadi ciri khas sebuah motor sport. Perubahan lainnya adalah bentuk lampu depan dan belakang yang memiliki desain lebih premium dan sporty.

Perubahan desain Aerox Connected sebenarnya cukup signifikan, apalagi jika dilihat dari depan. Mungkin sebagian orang lebih menyukai desain Aerox generasi sebelumnya. Kami sendiri lebih menyukai desain Aerox Connected yang menurut kami lebih modern.

Lampu depan dan belakang Aerox Connected adalah LED dan dilengkapi lampu DRL (Daytime Running Light) dan Hazard. Kemudian untuk bagian belakang memiliki handle yang menyatu dengan body motor sehingga memberikan kesan sporty.

Tangki bensin tetap berada di geladak tengah sehingga kapasitas bagasi tetap lega. Yang terpenting adalah kapasitas tangki bensin motor ini lebih besar sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih lama.

Fitur yang tak kalah menariknya adalah speedometer digital lengkap yang modern dan informatif untuk pengendara motor Aerox Connected. Nah yang beda dengan speedoeeter Aerox generasi sebelumnya adalah dilengkapi dengan indikator Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect)

Apa itu Y-Connect? Y-Connect merupakan teknologi terbaru dari Yamaha yang memungkinkan sepeda motor dapat terhubung ke smartphone dengan bantuan bluetooth. Teknologi berbasis Communication Control Unit (CCU) ini sebenarnya bukanlah teknologi baru, karena sebelumnya sudah dimiliki oleh Yamaha NMAX ABS.

Ada banyak fungsi Y-Connect. Untuk mengetahui apa saja fungsi utamanya, silakan lihat di bawah ini.

Menampilkan notifikasi ponsel Menampilkan notifikasi email Dapat menampilkan notifikasi pesan Melihat lokasi parkir terakhir untuk sepeda motor Memberikan rekomendasi perawatan sepeda motor Memberikan informasi tentang konsumsi bahan bakar rata-rata Menampilkan notifikasi ketika ada kerusakan pada sepeda motor Memberikan rating, Jarak tempuh & Eco Riding

Dengan teknologi Y-Connect, speedometer Yamaha Aerox Connected dapat menampilkan notifikasi saat ada telepon, email, atau pesan yang masuk. Selain itu, berbagai informasi seputar sepeda motor dapat Anda lihat melalui aplikasi Y-Connect yang dapat diunduh di Play Store atau App Store bagi pengguna iPhone.

Menariknya, teknologi ini tersedia di semua tipe Yamaha Aerox Connected. Berbicara soal tipenya, Yamaha memasarkan motor ini dalam dua varian berbeda. Yang pertama adalah tipe standar dan yang kedua adalah tipe ABS. Perbedaan harga antara keduanya cukup berbeda. Pasalnya, tipe ABS memiliki fitur yang lebih lengkap.

Tipe ABS memiliki shock tube belakang atau Sub-Tank Suspension. Guncangan tersebut meningkatkan kenyamanan mengendarai Aerox Connected ABS. Sayangnya untuk tipe standar masih menggunakan shock biasa.

Salah satu faktor yang membuat harga motor Aerox Connected ABS jauh lebih mahal adalah telah mengadopsi teknologi Anti-Lock Breaking System (ABS) yang memberikan pengendalian pengereman yang maksimal sehingga membuat berkendara lebih aman.

Fitur lain yang tidak dimiliki tipe standar adalah Smart Key System atau Keyless. Berkat fitur ini, Anda bisa berkendara secara praktis tanpa perlu memasukkan kunci gembok. Selain itu, fitur ini juga terintegrasi dengan Immoblizer dan Answer Bank System.

Nah, harga motor ABS Aearox Connected ABS yang semakin mahal ini masuk akal. Namun, bagi yang memiliki bujet terbatas, tidak ada salahnya membeli tipe standar. Toh keduanya sama-sama memiliki fitur Electric Power Socket yang berguna untuk mengisi daya gadget saat berkendara.

Sedangkan ban tubeless dengan ukuran tapak lebar 110 / 80-14 untuk ban depan dan 140 / 70-14 untuk ban belakang. Ban tubeless membuat tampilan Aerox Connected semakin sporty dan memberikan stabilitas saat bermanuver.

Sayangnya motor ini memiliki satu kekurangan yaitu masih menggunakan rem tromol sebagai rem belakangnya. Rem cakram dipasang di roda depan saja sehingga akan mengurangi traksi motor saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Meski Aerox Connected masih pakai rem tromol, sebenarnya cukup mumpuni dan masih aman dikendarai. Jika ingin rem cakram depan dan belakang, kami sarankan membeli Yamaha NMAX terbaru yang notabene lebih mahal dari harga motor Aerox Connected.

Setelah mengetahui semua fitur dan spesifikasi dari motor ini, banyak yang penasaran untuk mengetahui harga motor Aerox Connected. Nah untuk mengetahui berapa harga motor yamaha tersebut silahkan lihat dibawah ini.

Harga Sepeda Motor Aerox Connected

Untuk harganya sendiri, Yamaha menjual type standar dengan harga Rp. 25.500.000 dan tersedia dalam empat varian warna yang terdiri dari Dark Grey Yellow, Red, Matte Black Cyan, dan Black.

Sedangkan harga motor tipe tertinggi Aerox Connected yang sudah dilengkapi fitur ABS dibandrol dengan harga Rp. 29.000.000. Yamaha memberikan dua pilihan warna spesial yang terdiri dari Prestige Silver dan Maxi Signature Black & Gold.

Nah, harga motor yamaha ini tidak bisa dikatakan murah. Bahkan harganya pun lebih mahal dari harga generasi sebelumnya yang bisa Anda lihat pada artikel berikut "Harga Yamaha Aerox 155".

Demikian ulasan singkat mengenai spesifikasi dan harga motor Aerox Connected. Jika Anda kurang puas dengan keistimewaan motor ini, sebaiknya Anda beralih membeli All New Yamaha NMAX Connected yang lebih lengkap dari segi fitur.

Leave a Reply