enkei.id

Tarif untuk Memperluas SIM C – Lisensi atau lisensi pengemudi ini adalah file administratif ketika Anda mulai pada usia 17 tahun. Salah satu jenis yang berfungsi sebagai syarat bahwa pengendara cocok untuk mengendarai sepeda motor, yaitu SIM C. Untuk masa berlaku kelengkapan ini selama 5 tahun, sehingga harus diperpanjang dengan membayar biaya perpanjangan SIM C.

Berapa lama Anda memperbarui SIM C?

Kategori SIM C adalah persyaratan administrasi yang ditujukan untuk orang yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua. Umumnya, sering digunakan oleh pengendara ketika ada penggerebekan di jalan. Sehingga bisa disambut saat acara berlangsung.

Selain itu, penggunaan SIM C memberikan pesan bagi pengemudi kendaraan bermotor untuk berhati-hati. Karena file ini dirancang untuk empat puluh kilometer per jam. Juga berfungsi sebagai bukti bahwa pengendara sepeda motor layak dikendarai di jalan umum.

Tarif untuk pembaruan SIM C diatur melalui peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016, biaya untuk jenis ini telah ditetapkan sebesar Rp. 75.000,00 berlaku untuk SIM C, C1 dan C2. Adapun kelas SIM lainnya, silakan merujuk ke informasi berikut "Biaya untuk Memperluas SIM dari Semua Grup".

Nah, tingkat pembaruan SIM C cukup terjangkau. Namun, biaya ini tidak termasuk persiapan surat kesan sehat dari Dokter atau Dokter KIR. Biasanya pembuatan Dokter KIR berkisar dari Rp. 40-60 ribu, tergantung tarif di masing-masing kota.

Jika kita bandingkan dengan biaya perpanjangan SIM A, selisih biaya hanya Rp. 5.000 Karena SIM A Renew rate hanya Rp. 80.000. Meski murah, namun banyak orang yang enggan melakukan perpanjangan. Sekalipun terlambat satu hari, pemilik SIM harus membuatnya dari awal.

Masa Berlaku SIM C

Sesuai dengan Peraturan Kepala Polisi (Perkap) Pasal 28 ayat (2) ditulis sebagai berikut, "Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir". Ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk memperpanjang masa berlaku SIM Anda, terutama kategori C.

Masa berlaku untuk kategori C adalah 5 tahun, lalu dihitung sesuai dengan tanggal lahir pemilik file. Namun, jadwal untuk kedaluwarsa surat itu sama meskipun dalam proses pembuatan SIM dilakukan di bulan yang berbeda.

Misalkan Anda menulis 15 Juni di Pendaftaran Online sesuai dengan akta kelahiran, kemudian buat pada 16 Desember. Kemudian, jadwal hangus akan dihitung sesuai dengan tanggal lahir, untuk memudahkan pengemudi mengingatnya.

Kapan Anda harus melakukan proses pembaruan?

Ini harus melakukan pembaruan SIM C ketika sebelum masa aktif SIM berakhir. Jika Anda melakukan ini ketika Anda mendekati tanggal yang disebutkan, dikhawatirkan beberapa hal yang tidak diinginkan akan terjadi. Anda harus melakukannya setidaknya dua minggu sebelum terbakar.

Jika terlambat untuk memperpanjang ini, maka Anda harus mendaftar kembali seperti ketika mendaftar SIM. Hal ini diperkuat oleh surat telegram Kepolisian Nasional, yaitu titik BBB ST / 985 / IV / 2016 yang menjelaskan bahwa untuk SIM yang telah melewati masa berlaku.

Surat telegram itu juga mengatakan, jika pengemudi telah melewati masa aktif meski hanya dalam sehari. Maka diharuskan untuk mendaftar ulang SIM sesuai dengan proses awal lulus ujian dan ujian praktek.

Maka Anda harus menghindari layanan broker yang menawarkan ekstensi SIM. Secara tidak langsung ini akan melanggar aturan, plus itu akan merugikan Anda karena biayanya ditetapkan sangat tinggi bahkan hingga 5 kali lipat dari tarif semula.

Tempat Perpanjangan SIM C

Sebagai layanan yang diperintahkan oleh Komando Kepolisian Republik Indonesia, ditambah dengan pengembangan sarana teknologi untuk memperpanjang SIM sudah banyak, ini sangat mudah bagi pengendara ketika mereka ingin memprosesnya.

Situs ekstensi SIM persis seperti yang semula dimaksudkan untuk dibuat, yaitu melalui Kantor Satpas, Polres, dan Samsat. Tetapi Anda juga harus memeriksanya terlebih dahulu karena di setiap daerah berbeda.

Ditambah tempat untuk memperpanjang SIM juga bisa dilakukan ketika Anda memenuhi fasilitas SIM seluler yang siap melayani masyarakat. Ini tentu menyederhanakan proses perpanjangan karena melewati pusat keramaian, selain itu portable dapat bergerak – bergerak.

Cara terakhir untuk memperpanjangnya adalah melalui situs web National Police Traffic Police. Dengan memilih ekstensi layanan sim online. Sangat mudah bagi Anda yang berada di luar domisili kelahiran.

Manfaat Perpanjangan SIM C

Sebagai warga negara Indonesia yang mematuhi peraturan Negara. Jika Anda sudah membayar tarif pembaruan SIM C akan mendapatkan beberapa manfaat seperti;

1. Aman jika Traffic Raid Terjadi

Memiliki SIM yang valid sangat berguna saat memeriksa jalan raya. Polisi akan memudahkan Anda untuk tidak melakukan proses penghilangan. Tetapi juga memeriksa keadaan sepeda motor, jika melanggar aturan, itu masih akan ditilang.

Memiliki SIM yang aktif juga memudahkan Anda ketika Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Karena file administrasi ini adalah simbol bahwa Anda sebagai pengendara sudah memenuhi persyaratan keselamatan mengemudi.

2. Sebagai Identitas Pengemudi

Jika Anda ingin mengemudi, tentu saja identitas adalah syarat penting. Ini dapat membuatnya lebih mudah ketika terjadi peristiwa tak terduga seperti kecelakaan di antara pengemudi.

Jika peristiwa itu terjadi, Anda dapat menunjukkan SIM sebagai bukti bahwa itu layak dikendarai. Memiliki identitas akan memudahkan penyelidikan polisi jika terjadi pelanggaran di jalur lalu lintas.

3. Kelaikan Pengendara saat Bekerja

Sebagai bukti pertanggungjawaban pengemudi memiliki tanggung jawab saat mengendalikan kendaraan. Selain itu, beberapa perusahaan memerlukan uji kelayakan driver dengan membuktikan kepemilikan SIM.

Plus memiliki SIM adalah bentuk apresiasi dari Republik Indonesia melalui Kepolisian Lalu Lintas Nasional kepada peserta yang telah lulus berbagai bentuk tes seperti teori tes, dan praktik mengemudi. Karena cara membuat SIM C harus lulus semua ujian ini. Jika ada yang tidak lulus, maka dia tidak bisa mendapatkan SIM grup ini.

Demikian ulasan otomotifo.com tentang tarif perpanjangan SIM C. Dengan begitu banyak pilihan fasilitas untuk dipilih mulai dari ekstensi online, layanan seluler, hingga kantor. Sebagai pengemudi yang mematuhi aturan, selalu terbaik untuk memperpanjang SIM melalui fasilitas yang tersedia.

Leave a Reply