Setelah tiga tahun penelitian dan pengembangan, Vossen bangga menjadi salah satu dari sedikit perusahaan di dunia yang memproduksi roda palsu sepenuhnya di rumah. Berkantor pusat di Miami, Florida, fasilitas canggih Vossen, TUV Verified memiliki serangkaian mesin-mesin baru yang komprehensif.


Apa pertimbangan paling penting saat membangun roda? Apa spesifikasi yang dibutuhkan roda kinerja? Secara umum, aspek kinerja yang paling dikenal untuk pengguna adalah bobot yang ringan. Anda akan tahu perbedaan berat hanya dengan mengambil roda. Sebagian besar pengemudi juga dapat merasakan perbedaan dalam respons kemudi. Karena roda mobil adalah benda yang berputar, ringannya roda memainkan bobot inersia. Namun, fokus Enkei tidak terbatas pada cahaya. Untuk mencapai kinerja roda maksimum, Enkei juga fokus pada "kekakuan" dan "kekuatan".

Roda berkualitas tinggi membutuhkan ketiga elemen: ringan, kekakuan, dan kekuatan.

KEKAYAAN: Kekakuan adalah dasar dari kinerja roda. Apa itu "kekakuan"? Jika pelek kaku, itu akan menolak deformasi ketika dikenakan paksa. Meskipun kami menganggap logam sebagai "keras", logam memang memiliki kecenderungan untuk berubah bentuk ketika gaya diterapkan dan kembali ke bentuk aslinya ketika gaya dihilangkan. Kekakuan sering dikacaukan dengan kekuatan, tetapi berbeda karena kekuatan adalah ukuran kecenderungan menuju daya hancur. Untuk memanfaatkan ban performa tinggi saat ini, roda harus memiliki kekakuan tinggi untuk menjaga koneksi yang tepat antara sasis dan ban. Di sisi lain, roda dengan kekakuan rendah dapat dengan mudah dideformasi oleh beban dari ban. Enkei mengakui kekakuan adalah elemen terpenting untuk roda berkinerja tinggi.

ALUMINIUM DIJELASKAN: METODE PRODUKSI TIDAK AKAN MEMPENGARUHI KEKAKUAN

Bagaimana kita bisa meningkatkan kekakuan roda? Selama roda dibuat dari paduan aluminium, menggunakan metode produksi yang berbeda tidak mempengaruhi kekakuan roda. Itu karena semua paduan aluminium yang digunakan untuk penempaan dan casting menciptakan sifat material yang sama dengan kekakuan yang identik.

Perbandingan paduan aluminium Tempa dan paduan aluminium Cast

Comparison Enkei

Perbandingan

* Modul Young adalah ukuran elastisitas, sama dengan rasio tegangan yang bekerja pada suatu zat terhadap regangan yang dihasilkan.

Anda mungkin berpikir proses penempaan menciptakan material yang lebih kuat. Namun, ketika paduan aluminium tempa dan cor diukur dengan modulus Young, ini menunjukkan hampir tidak ada perbedaan antara dua metode. Paduan aluminium yang ditempa dan dicor juga hampir identik dengan berat jenis. Oleh karena itu, jika Anda membuat bentuk roda yang sama persis menggunakan metode penempaan dan casting, berat roda tersebut harus sama. Apa keuntungan dari proses penempaan? Ini adalah kemampuan untuk menghasilkan kekuatan material yang lebih tinggi.

Secara umum, dibandingkan dengan casting, material tempa lebih unggul dalam kekuatan luluh dan kekuatan tarik. Namun, tidak peduli seberapa hebat kekuatan materialnya, itu tidak bisa membenarkan pengurangan berat yang ekstrem.

Bahkan dengan kekuatan material yang memadai, jika roda tidak memiliki kekakuan, mereka tidak dapat bekerja dengan baik bahkan dengan ban berkinerja tinggi.

mat-process

Durville Die Casting & MAT Process

Enkei telah mengadopsi dua teknologi - proses die casting dan MAT Durville yang memastikan roda aluminium cor memiliki kekuatan yang sebanding dengan yang dipalsukan. Dalam proses Durville, paduan aluminium cair dituangkan ke dalam cetakan dari sisi tepi dalamnya, dengan sisi cakram menghadap ke bawah. Paduan cepat padam dan mengeras, mulai dari sisi cakram, menciptakan struktur logam yang lebih halus, secara signifikan meningkatkan kekuatan tarik, kekuatan luluh dan perpanjangan.

Dalam proses MAT, pelek roda ditempatkan pada mandrel berputar dan berguling. Proses pemintalan ini menciptakan "aliran logam" dalam struktur logam paduan aluminium, yang mirip dengan sifat logam yang terlihat dalam proses penempaan.

mat-logo
Proses hybrid casting dan penempaan ini memberi kekuatan material yang tinggi pada roda sambil menjaga biaya produksi lebih terjangkau daripada roda palsu. Selain itu, ini memberikan kebebasan desain yang lebih besar pada permukaan roda.

 

Kemampuan Desain di balik roda terbaik

Bagaimana Enkei memastikan rodanya memiliki kekakuan tinggi? Jawabannya adalah "Kemampuan Desain" Enkei.

Untuk mempertahankan kekakuan tinggi di bawah gaya yang besar, area penampang roda ke arah yang berlawanan dengan gaya yang diterapkan perlu diperbesar. Sayangnya, semakin besar area ini, semakin berat roda yang didapat. Namun, jika tata letak, bentuk penampang lintang ruji dan profil pelek dirancang dengan benar, roda dapat mempertahankan kekakuan tinggi tanpa
menambah berat.

Tata letak ini dimungkinkan oleh akumulasi data desain roda Enkei yang luas dan simulasi 3D rekayasa berbantuan komputer. Selain itu, Enkei berusaha untuk mengurangi berat badan sebanyak mungkin dengan mengidentifikasi bagian roda di mana konsentrasi tegangan paling mungkin terjadi dan mengurangi area yang tidak mempengaruhi kekakuan.